Adsense Camp 2

Minggu, 21 Desember 2014

Download Gratis Program Konversi Suhu

Selamat pagi Indonesia!

Pada kesempatan kali ini, Saya ingin membagikan program untuk mengkonversi suhu dari sebuah satuan ke satuan yang lain. Anda bisa melakukan download program konversi suhu di bagian paling bawah artikel ini. Namun sebelumnya, Saya akan menjelaskan mengenai konsep konversi suhu dari sebuah satuan ke satuan yang lain.

Di dunia ini, terdapat empat (4) satuan yang paling dikenal untuk mengukur suhu, yaitu derajat Celcius (C), Fahrenheit (F), Reamur (R) dan Kelvin (K). Selain empat satuan tersebut, sebenarnya masih ada satuan lain untuk mengukur suhu, yaitu Rankine, Newton, Delisle dan Romer. Namun pembahasan di artikel ini dibatasi pada Celcius, Fahrenheit, Reamur dan Kelvin.

Di Indonesia, kebanyakan orang menggunakan satuan Celcius sebagai standar untuk mengukur suhu. Di negara lain, ada yang menggunakan satuan Fahrenheit, Reamur atau Kelvin sebagai standar untuk mengukur suhu.

Satuan Fahrenheit banyak digunakan di negara-negara yang menggunakan Bahasa Inggris, seperti Amerika Serikat, Inggris, Australia dll. Satuan derajat Reamur dahulu banyak digunakan di negara Eropa seperti Jerman dan Prancis, tetapi saat ini penggunannya sudah digantikan oleh satuan derajat Celcius. Penggunaan satuan Reamur saat ini hanya pada industri permen dan keju di negara-negara tersebut. Di sisi lain, satuan Kelvin adalah Satuan Internasional (SI) untuk mengukur suhu.

Setelah mengenal mengenai satuan Celcius, Fahrenheit, Reamur dan Kelvin, sekarang mari kita pelajari bagaimana cara mengkonversi nilai suhu dari sebuah satuan ke satuan yang lain.


1. Konversi dari Celcius ke Fahrenheit, Reamur dan Kelvin

Bila diketahui sebuah nilai suhu dalam Celcius (C), kemudian ingin mengubah nilai tersebut ke satuan Fahrenheit (F), Reamur (R) dan Kelvin (K), maka dapat digunakan rumus sebagai berikut:

- Konversi Celcius ke Fahrenheit:

F = (C x 9/5) + 32

Sebagai contoh, jika diketahui suhu adalah 10 derajat Celcius, maka nilai suhu dalam Fahrenheit adalah:

F = (10 x 9/5) + 32 = 50 derajat Fahrenheit

- Konversi Celcius ke Reamur:

R = C x 4/5

Sebagai contoh, jika diketahui suhu adalah 10 derajat Celcius, maka nilai suhu dalam Reamur adalah:

R = 10 x 4/5 = 8 derajat Reamur

- Konversi Celcius ke Kelvin:

K = C + 273,15

Sebagai contoh, jika diketahui suhu adalah 10 derajat Celcius, maka nilai suhu dalam Kelvin adalah:

K = 10 + 273,15 = 283,15 Kelvin

2. Konversi dari Fahrenheit ke Celcius, Reamur dan Kelvin

Bila diketahui sebuah nilai suhu dalam Fahrenheit (F), kemudian ingin mengubah nilai tersebut ke satuan Celcius (C), Reamur (R) dan Kelvin (K), maka dapat digunakan rumus sebagai berikut:

- Konversi Fahrenheit ke Celcius:

C = (F - 32) * 5/9

Sebagai contoh, jika diketahui suhu adalah 50 derajat Fahrenheit, maka nilai suhu dalam Celcius adalah:

C = (50 - 32) * 5/9 = 10 derajat Celcius 

- Konversi Fahrenheit ke Reamur:

R = (F - 32) * 4/9

Sebagai contoh, jika diketahui suhu adalah 50 derajat Fahrenheit, maka nilai suhu dalam Reamur adalah:

R = (F - 32) * 4/9 = 8 derajat Reamur

- Konversi Fahrenheit ke Kelvin:

K = (F - 32) * 5/9 +273,15

Sebagai contoh, jika diketahui suhu adalah 50 derajat Fahrenheit, maka nilai suhu dalam Kelvin adalah:

K = (50 - 32) * 5/9 + 273,15 = 283,15 Kelvin

3. Konversi dari Reamur ke Celcius, Fahrenheit dan Kelvin

Bila diketahui sebuah nilai suhu dalam Reamur (R), kemudian ingin mengubah nilai tersebut ke satuan Celcius (C), Fahrenheit (F) dan Kelvin (K), maka dapat digunakan rumus sebagai berikut:

- Konversi Reamur ke Celcius:

C = R x 5/4

Sebagai contoh, jika diketahui suhu adalah 8 derajat Reamur, maka nilai suhu dalam Celcius adalah:

C = 8 x 5/4 = 10 derajat Celcius

- Konversi Reamur ke Fahrenheit:

F = (R x 9/4) + 32

Sebagai contoh, jika diketahui suhu adalah 8 derajat Reamur, maka nilai suhu dalam Fahrenheit adalah:

F = (8 x 9/4) + 32 = 50 derajat Fahrenheit

- Konversi Reamur ke Kelvin:

K = (R x 5/4) + 273,15

Sebagai contoh, jika diketahui suhu adalah 8 derajat Reamur, maka nilai suhu dalam Kelvin adalah:

K = (8 x 5/4) + 273,15 = 283,15 Kelvin

4. Konversi dari Kelvin ke Celcius, Fahrenheit dan Reamur

Bila diketahui sebuah nilai suhu dalam Kelvin (K), kemudian ingin mengubah nilai tersebut ke satuan Celcius (C), Fahrenheit (F) dan Reamur (R), maka dapat digunakan rumus sebagai berikut:

- Konversi Kelvin ke Celcius:

C = K - 273,15

Sebagai contoh, jika diketahui suhu adalah 283,15 Kelvin, maka nilai suhu dalam Celcius adalah:

C = 283,15 - 273,15 = 10 derajat Celcius

- Konversi Kelvin ke Fahrenheit:

F = ((K - 273,15) x 9/5) + 32

Sebagai contoh, jika diketahui suhu adalah 283,15 Kelvin, maka nilai suhu dalam Fahrenheit adalah:

F = ((283,15 - 273,15) x 9/5) + 32 = 50 derajat Fahrenheit

- Konversi Fahrenheit ke Reamur:

R = (K - 273,15) * 4/5


Sebagai contoh, jika diketahui suhu adalah 283,15 Kelvin, maka nilai suhu dalam Reamur adalah:

R = (283,15 - 273,15) * 4/5 = 8 derajat Reamur


Nah, setelah mempelajari konsep untuk mengkonversi nilai dari suatu satuan suhu ke satuan lainnya, sekarang mari kita lihat program yang telah Saya buat untuk memudahkan perhitungan konversi suhu. Dengan program konversi suhu ini, kita tidak perlu repot untuk menghitung konversi suhu dari sebuah satuan ke satuan lainnya secara satu persatu. Mari kita lihat tampilan dari program konversi suhu berikut ini. 

Program Konversi Suhu
Program Konversi Suhu - 1

Setelah anda mendownload file program konversi suhu ini, anda tinggal mengklik dua kali file tersebut untuk membuka program, dan anda akan menjumpai tampilan seperti pada gambar di atas. Terdapat empat pilihan yang bisa anda gunakan. 
Pilihan 1 adalah jika anda mengetahui nilai suhu dalam Celcius, kemudian ingin mengetahui konversinya dalam Fahrenheit, Reamur dan Kelvin. 
Pilihan 2 adalah bila anda mengetahui nilai suhu dalam Fahrenheit, kemudian ingin mengetahui konversinya dalam Celcius, Reamur dan Kelvin. 
Pilihan 3 adalah bila anda mengetahui nilai suhu dalam Reamur, kemudian ingin mengetahui konversinya dalam Celcius, Fahrenheit dan Kelvin.
Pilihan 4 adalah bila anda mengetahui nilai suhu dalam Kelvin, kemudian ingin mengetahui konversinya dalam Celcius, Fahrenheit dan Reamur.

Bila anda memilih pilihan 1, maka anda tinggal mengetikkan angka 1, kemudian menekan tombol enter. Setelah itu, akan muncul perintah seperti pada gambar berikut.

Program Konversi Suhu
Program Konversi Suhu - 2

Karena pilihan 1 adalah untuk mengkonversi nilai suhu dalam satuan derajat Celcius ke satuan lain, maka akan muncul perintah untuk memasukkan nilai suhu dalam satuan Celcius.

Setelah anda mengetikkan nilai suhu dalam satuan Celcius dan menekan tombol enter, secara otomatis program akan menunjukkan konversi nilai tersebut dalam satuan Fahrenheit, Reamur dan Kelvin. Selain itu, program juga akan memberikan pertanyaan kepada anda, apakah anda mau mencoba lagi atau tidak dengan pertanyaan "Mau Coba Lagi? [Y/T]". 

Program Konversi Suhu
Program Konversi Suhu - 3

Jika anda mengetikkan 'Y' atau 'y' dan menekan enter, maka program secara otomatis akan kembali memberikan opsi kepada anda, satuan apakah yang ingin anda konversikan ke satuan lain.  

Program Konversi Suhu
Program Konversi Suhu - 4

Sebagai contoh, jika kali ini anda mengetahui sebuah nilai suhu dalam satuan derajat Fahrenheit, kemudian anda ingin mengetahui nilai konversinya ke satuan lain, maka anda tinggal mengetikkan angka 2 dan menekan tombol enter. Kali ini program akan memberi perintah untuk memasukkan nilai suhu dalam satuan Fahrenheit.

Program Konversi Suhu
Program Konversi Suhu - 5

Setelah nilai suhu dalam satuan Fahrenheit dimasukkan dan tombol enter ditekan, program akan memperlihatkan konversi nilai suhu dalam satuan Fahrenheit tersebut dalam satuan lain. Selain itu program juga akan kembali memberikan pertanyaan, apakah anda mau mencoba lagi atau tidak.

Program Konversi Suhu
Program Konversi Suhu - 6

Gambar-gambar di bawah ini menunjukkan ketika program dicoba lagi untuk menguji opsi nomor 3 (Reamur ke satuan lain) dan nomor 4 (Kelvin ke satuan lain). Program baru akan berhenti ketika anda mengetikkan 'T' atau 't' pada pertanyaan "Mau Coba Lagi? [Y/T]".

Program Konversi Suhu
Program Konversi Suhu - 7

Program Konversi Suhu
Program Konversi Suhu - 8

Program Konversi Suhu
Program Konversi Suhu - 9

Program Konversi Suhu
Program Konversi Suhu - 10

Demikianlah demo dari program konversi suhu yang Saya buat. Jika anda merasa program ini akan berguna untuk anda, silakan download program konversi suhu di bawah ini dan tidak perlu segan untuk menyebarkan informasi ini ke rekan-rekan anda.


Semoga bermanfaat!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar