Adsense Camp 2

Minggu, 21 Desember 2014

Download Gratis Program Menghitung Nilai Faktorial

Setelah pada artikel sebelumnya Saya membagikan mengenai program menghitung luas dan keliling lingkaran, pada artikel kali ini Saya akan kembali membagikan program sederhana yang memudahkan dalam proses perhitungan. Pada artikel kali ini, Saya membagikan program untuk menghitung nilai faktorial suatu bilangan.

Sebagian besar dari kita mungkin sudah mengenal yang dimaksud dengan nilai faktorial suatu bilangan. Seingat Saya, perhitungan nilai faktorial diajarkan ketika SMA, terutama berkaitan dengan menghitung permutasi dan kombinasi. Sebelum memperlihatkan program menghitung nilai faktorial suatu bilangan, Saya akan menjelaskan terlebih dahulu mengenai cara untuk menghitung nilai faktorial suatu bilangan. Barangkali saja di antara para pembaca ada yang belum mengerti mengenai konsep menghitung nilai faktorial, atau mungkin sudah pernah paham tetapi lupa cara menghitung nilai faktorial tersebut.

Nilai faktorial dilambangkan dengan tanda seru (!). Contoh, jika kita ingin menghitung nilai faktorial dari angka 5 (lima), maka dilambangkan dengan 5!. Konsep perhitungan dari 5! adalah mengalikan angka 5 dengan semua bilangan bulat di bawah 5 hingga mencapai angka 1. Jadi, secara matematis, jika kita ingin menghitung nilai faktorial dari angka 5, dapat ditulis sebagai berikut:

5! = 5 x 4 x 3 x 2 x 1 = 120

Cara perhitungan nilai faktorial ini berlaku untuk seluruh bilangan bulat. Jika sebuah bilangan bulat dilambangkan dengan huruf n, maka rumus umum untuk menghitung nilai faktorial bilangan n tersebut dapat ditulis sebagai berikut:

n! = n x (n-1) x (n-2) x ...... x 2 x 1

Jika bilangan yang ingin kita hitung nilai faktorialnya kecil, mungkin masih mudah untuk menghitung nilai faktorialnya secara manual. Namun bisa anda bayangkan bila kita harus mencari nilai faktorial dari suatu bilangan yang besar, contohnya saja nilai faktorial dari 20. Kita tentu akan mengalami kesulitan untuk menghitung perkalian dengan angka besar. Perhitungan dengan kalkulator memang mudah, namun kita juga harus mengalikan bilangan-bilangan tersebut satu persatu sehingga memerlukan waktu lama. Selain itu, diperlukan pula ketelitian tinggi dalam memasukkan angka yang dikalikan satu persatu. Apabila salah satu angka saja terlewat untuk dikalikan, maka hasilnya tidak akan akurat.

Berdasarkan kesulitan-kesulitan di atas, Saya mencoba membuat program sederhana untuk menghitung nilai faktorial dari suatu bilangan. Tampilan dari program yang telah Saya buat adalah sebagai berikut:

Program Menghitung Nilai Faktorial
Program Menghitung Nilai Faktorial - 1

Pada program menghitung nilai faktorial ini, anda tinggal mengetikkan angka yang ingin anda ketahui nilai faktorialnya. Setelah mengetikkan angka, anda dapat menekan tombol enter. Secara otomatis, program akan langsung menampilkan nilai faktorial dari nilai yang anda masukkan. Sebagai contoh, ketika Saya mengetikkan nilai 6, kemudian setelah Saya menekan enter, maka program akan langsung menunjukkan nilai 720 yang berasal dari 6 x 5 x 4 x 3 x 2 x 1.

Program Menghitung Nilai Faktorial
Program Menghitung Nilai Faktorial - 2

Selain itu program ini juga akan menawarkan kepada anda, apakah anda mau mencoba menghitung nilai faktorial untuk bilangan lain atau tidak. Pertanyaan ini akan otomatis muncul di bawah jawaban nilai faktorial, dengan pertanyaan "Mau Coba Lagi? [Y/T]" Jika anda mengetikkan 'Y' atau 'y', maka anda akan mendapat kesempatan untuk kembali mengetikkan angka yang ingin anda ketahui nilai faktorialnya.

Program Menghitung Nilai Faktorial
Program Menghitung Nilai Faktorial - 3

Seperti sebelumnya, setelah anda mengetikkan bilangan yang ingin anda ketahui nilai faktorialnya dan menekan tombol enter, program secara otomatis memberikan jawaban nilai faktorial, serta kembali menawarkan kepada anda untuk mencoba lagi. Jika anda mengetikkan 'T' atau 't' pada pertanyaan "Mau Coba Lagi? [Y/T]" maka program akan berhenti.

Program Menghitung Nilai Faktorial
Program Menghitung Nilai Faktorial - 4

Jika anda merasa program menghitung nilai faktorial ini dapat membantu anda untuk menghitung nilai faktorial suatu bilangan dengan mudah dan cepat, silakan download program tersebut di bawah ini.


Semoga bermanfaat!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar