Adsense Camp 2

Minggu, 21 Desember 2014

Download Gratis Program Menghitung Luas dan Keliling Lingkaran

Benda berbentuk lingkaran sangat banyak terdapat di sekitar kita. Tidak heran jika sejak SD kita sudah diajari cara menghitung luas dan keliling lingkaran. Rumus untuk menghitung luas lingkaran telah diketahui oleh hampir semua orang, yaitu bilangan pi dikalikan dengan jari-jari lingkaran yang dikuadratkan. Secara matematis, rumus untuk menghitung luas lingkaran dapat ditulis sebagai berikut:

L = pi x r2

keterangan:
L : Luas lingkaran
pi : 3,14
r : Jari-jari lingkaran

Rumus untuk menghitung keliling lingkaran adalah bilangan pi dikalikan dengan diameter lingkaran. Karena diameter lingkaran adalah dua kali jari-jari lingkaran, maka keliling lingkaran juga dapat dituliskan dengan bilangan pi dikalikan dengan dua kali jari-jari lingkaran. Secara matematis, rumus untuk menghitung keliling lingkaran dapat ditulis sebagai berikut:

K = 2 x pi x r

Seperti dapat dilihat pada dua rumus di atas, terdapat nilai pi yang bukan merupakan bilangan bulat untuk menghitung luas lingkaran. Hal ini menyebabkan perhitungan luas dan keliling lingkaran secara manual menjadi tidak menyenangkan. Sebagian besar orang tentu memilih menggunakan kalkulator untuk mempermudah perhitungan luas dan keliling lingkaran. Pada artikel ini, Saya menawarkan sebuah program untuk menghitung luas dan keliling lingkaran yang dapat anda download secara gratis.

Program untuk menghitung luas dan keliling lingkaran yang Saya buat secara iseng ini memang program sederhana yang mungkin anda sendiri dapat membuatnya. Namun jika anda berminat, tentu tidak ada salahnya untuk mendownload program menghitung luas dan keliling lingkaran dari Saya.

Program menghitung luas dan keliling lingkaran ini berbentuk file exe. Jika anda telah mendownload program tersebut, anda tinggal mengklik file tersebut dua kali untuk membuka program tersebut. Tampilan dari program untuk menghitung luas dan lingkaran adalah sebagai berikut:
Program Menghitung Luas dan Keliling Lingkaran
Program Menghitung Luas dan Keliling Lingkaran - 1

Pada program tersebut, anda tinggal mengetikkan nilai jari-jari lingkaran, kemudian menekan tombol enter.
Sebagai contoh, jika kita memasukkan jari-jari lingkaran sebesar 3 (keterangan dalam satuan cm), kemudian setelah tombol enter ditekan, maka program akan langsung menunjukkan luas dan keliling lingkaran dengan jari-jari tersebut.

Program Menghitung Luas dan Keliling Lingkaran
Program Menghitung Luas dan Keliling Lingkaran - 2

Gambar di atas menunjukkan bahwa ketika jari-jari lingkaran dimasukkan sebesar 3 cm, maka program akan langsung memberikan luas lingkaran sebesar 28,27 cm2, serta keliling lingkaran sebesar 18,85 cm. Jika anda tidak percaya dengan perhitungan pada program di atas, silakan bandingkan hasilnya dengan kalkulator. Tentu anda akan mendapatkan jawaban yang sama. Pada program ini, Saya sengaja membuat jawaban akhir dibulatkan dua angka di belakang koma.

Selain menampilkan jawaban, program ini juga akan menampilkan pertanyaan, "Mau coba lagi? [Y/T]." Jadi pada akhir program menghitung luas dan keliling lingkaran ini, akan terdapat penawaran untuk menghitung luas dan keliling lingkaran dengan nilai jari-jari yang berbeda. Sebagai contoh, jika anda mengetik tombol 'Y' atau 'y' kemudian menekan enter, maka program akan memberikan anda kesempatan untuk memasukkan kembali jari-jari lingkaran yang ingin anda ketahui luas dan kelilingnya.

Program Menghitung Luas dan Keliling Lingkaran
Program Menghitung Luas dan Keliling Lingkaran - 3

Setelah anda mengetikkan kembali jari-jari lingkaran, program akan kembali memberikan jawaban luas dan keliling lingkaran sesuai jari-jari tersebut. Selain itu, program juga akan kembali menampilkan pertanyaan, "Mau coba lagi? [Y/T]." Jika kali ini anda mengetikkan 'T' atau 't', kemudian menekan enter, maka program akan berhenti dan tidak mengulangi pertanyaan lagi.

Program Menghitung Luas dan Keliling Lingkaran
Program Menghitung Luas dan Keliling Lingkaran - 4

Jika anda merasa program ini cukup praktis untuk menghitung luas dan keliling lingkaran, silakan anda download program menghitung luas dan keliling lingkaran di bawah ini.


Semoga bermanfaat!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar